GELAR WEBINAR UMKM GIGIH BERANI, GIBRAN DISEBUT JADI SOSOK POLITISI YANG MAMPU PASARKAN SOLO SEBAGAI DESTINASI WISATA INTERNASIONAL

Gibran Rakabuming Raka (33) calon Wali Kota Solo dari PDI Perjuangan bersama pengusaha lainnya, Kukrit SW dan Mardani H. Maming menjadi narasumber di acara Webinar ‘UMKM Gigih Berani Berjuang Di Tengah Pandemi’ yang tayang live streaming di akun official media sosial Gibran Rakabuming, Selasa (10/11/2020) malam.

Putut Gunawan selaku ketua panitia menyampaikan kegiatan webinar ini dilakukan sebagai langkah untuk mencari solusi dalam menggerakkan roda ekonomi di tengah pandemi. “Masalah di dunia usaha yang terjadi di masa pandemi, kita carikan terobosan-terobosan. Sehingga UMKM dapat tumbuh dan berkembang sebagai pijakan fundamental ekonomi Indonesia. Semoga UMKM Gagah Berani dalam menghadapi pandemi bisa mengeluarkan gagasan-gagasan yang cerdas,” tandas politisi PDI Perjuangan itu.

Selaras, Mardani H. Maming menyebut figur Gibran yang terjun ke politik sudah menjadi pilihan tepat, “Dari keputusan politik itulah nantinya Mas Gibran bisa membuat berbagai kebijakan yang mengurusi UMKM, sehingga anak-anak muda terdorong untuk menjadi pengusaha,” ujarnya.

Banyak hal yang didiskusikan dalam acara daring tersebut, pembahasan mengenai apa bisnis yang terdampak dan tidak, cara mempertahankan pelanggan offline, hingga kebijakan-kebijakan apa yang akan dilakukan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di masa pandemi.

Kukrit turut menambahkan, Solo memiliki potensi geografis yang menguntungkan untuk menarik wisatawan, “Solo menjadi daya tarik tourism secara nasional, di sini terdapat keuntungan geografis yang menguntungkan UMKM. Di masa pandemi, pas libur saja Solo sudah penuh. Bayangkan 4-5 bulan mendatang, vaksin sudah ada. Ada event besar atau libur panjang, pasti Solo ramai. Jadi dibutuhkan figur wali kota yang memiliki sense of marketing, punya inovasi yang tinggi untuk memasarkan kota Solo sebagai kota destinasi nasional dan internasional,” ujarnya.

Pada sesi tanya jawab dengan peserta, Gibran menjelaskan kebijakan yang akan dilakukan untuk memulihkan UMKM, “Selain soal kesehatan, bidang ekonomi dan pariwisata juga terpukul akibat pandemi. Roda ekonomi tak hanya digerakkan oleh hotel-hotel, transportasi modern, dan lainnya. Tapi juga digerakkan oleh UMKM, pasar tradisional dan PKL. Nah, setiap saya blusukan, ada potensi di masing-masing kampung. Misal, di Serengan ada kampung blankon, di Mojosongo ada kampung pembuatan sangkar burung, di Baron ada kampung yang jadi pusat wedangan. Potensi ini bisa dikembangkan dan didampingi, dari branding, marketing, sampai perizinan sehingga ekonomi nanti akan bergerak untuk kemajuan Solo,” ujar pria lulusan sekolah bisnis Singapura itu.

Acara webinar itu pun diikuti oleh ratusan peserta. Banyak netizen yang meninggalkan komentar positif, “Gagasannya sangat keren, semoga menang di 9 Desember nanti nomor 1,” tulis akun As Relawan Kuningan Peduli. Bentuk dukungan lainnya juga disampaikan akun Pur Wanti, “Semoga capenya Mas Gibran menjadi berkah, apa yang diniatkan terwujud,” tulisnya.

Lilm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *