Mereka yang Melawan Arus Haruslah Dikasihani

Bertahun silam, saat City Walk kota Solo hendak dibangun di sepanjang jalan Slamet Riyadi, saya pernah terlibat perbincangan cukup intens dengan perkara itu. Premisnya, masyarakat Solo hendaklah menggunakan transportasi massal. Maka dibangunlah City Walk tersebut agar warga kota bisa dengan nyaman berjalan dari halte bus ke tempat tujuan.

Kita tahu bahwa kota Solo berhawa cukup panas saat musim kemarau tiba. Orang berjalan 50 meter sudah berkeringat. Karena lembap, keringat tersebut tidak segera menguap. Beda dengan negara-negara yang berhawa kering, walau panas, keringat cepat menguap. Maka dibangunlah City Walk yang nyaman dan rindang itu. Dan tentu saja tersambung dengan moda transportasi massal.

Melawan Arus yang Membahayakan Liyan

Perkara hawa yang panas dan lembap bukanlah perkara sepele. Ia membangun sebuah kebiasaan untuk bergerak cepat demi menghindari panas. Pada kondisi jalan yang semrawut banyak kita jumpai orang-orang yang melawan arus. Mereka melawan arus agar cepat sampai tujuan. Tanpa mengindahkan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Mereka yang melawan arus itu membahayakan orang lain. Kita yang jengkel tidak bisa berbuat apa-apa. Padahal kita pada posisi yang benar. Malah jika yang sesuai arus main hakim sendiri akan menjadi pihak yang salah. Maka dari itu ada pemakluman pada orang-orang yang melawan arus. Toh, mereka hanya segelintir saja. Orang-orang yang ingin sampai tujuan dengan cepat. Iba kita pada mereka. Apapun motivasi mereka. Kami, masyarakat kota Solo, bahkan mempersilahkan orang-orang yang ingin melawan arus menggunakan City Walk. Orang boleh melawan arus di City Walk, asal jalan kaki. Iba kita pada mereka yang melawan arus.

Hendro Prabowo

Relawan Koncone Gibran

Penduduk Bumi yang tinggal di Laweyan, kota Solo.

Punya gagasan & dukungan untuk Gibran? Kirimkan tulisan anda ke e-mail relawan@konconegibran.com atau melalui grup Whatsapp untuk ditayangkan di website ini. Tunjukkan dukungan anda untuk Gibran Solo 1!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *